PKKMB UNIKS 2017

UNIKS – Memasuki T.A 2017/2018, Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) mengadakan kegiatan rutin tahunan bagi mahasiswa baru yaitu Pengenalan Kegiatan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 15 September 2017.

Merujuk pada Surat Sekretaris Jenderal Nomor 2440/A.A2/TU/2017 tanggal 2 Juni 2017 tentang Pedoman Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam Kegiatan Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru, dan Surat Edaran Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 253/B/SE/VIII/2016 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), serta hasil Focus Group Discussion (FGD) Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan pada tanggal 6 Juli 2017.

PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan, mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibanya, memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyaahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Sebanyak 523 mahasiswa dari 14 Program Studi mengikuti program PKKMB tersebut. Sejumlah materi pun disampaikan guna memberi motivasi dan pengetahuan kepada mahasiswa baru tersebut. Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Wakil Rektor II UNIKS, Drs. H. Sarmidin M.Pd.I menyampaikan, tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan kehidupan kampus UNIKS lebih luas dan mendalam kepada para mahasiswa baru.

Adapun materi yang disampaikan, antara lain, kesadaran bela negara, yang disampaikan Kolonel (Inf) Siswandi.  Penanggulangan Radikalisme dan Narkoba oleh AKP Deni Afrial SPi MH. General Education oleh Prof. Zulfan Sa’am. Kemudian, Budaya Melayu oleh Drs. H. Mochtar Samad, dan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia oleh H Fitrianto S.Ag M.Sh. Kegiatan lain yang dilaksanakan adalah green living movement, dengan program penanaman pohon di lingkungan kampus. “Dengan kegiatan ini, semua kita hendaknya mencintai kampus ini,” harap Sarmidin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *